-->

Review Journal Sartono Kartodirdjo “Some Problems on the Genesis of Nationalism in Indonesia”



Dalam Jurnalnya, penulis meneliti tentang sejarah Gerakan Nasional di Indonesia melalui berbagai aspek, yakni aspek ekonomi, sosial, budaya, dan politik. Selain itu, penulis juga memaparkan tentang beberapa elemen-elemen atau unsur-unsur Nasionalisme.
Fakta bahwa kata "nasional" digunakan dalam tulisan ini digunakan dengan tujuan untuk mencakup keseluruhanitas tindakan yang berkaitan dengan pergerakan di semua bidang kehidupan dengan tujuan tanpa tujuan untuk melawan kekuatan kolonial. Lebih jauh lagi, istilah Gerakan Nasional mengacu pada keseluruhan proses genesis dan pertumbuhan Nasionalisme Indonesia dalam manifestasinya sebagai organisasi nasionalistik yang didasarkan pada kesadaran, sentimen dan keinginan bersama untuk memperjuangkan kebebasan rakyat dalam kerangka negara kesatuan.
Penggunaan kata "nasionalisme" pada tahap awal sejarah gerakan biasanya disertai dengan atribut kualifikasi, seperti Nasionalisme Jawa, Nasionalisme Hindia, dan lain-lain dan baru kemudian istilah Nasionalisme Nasional mulai dikenal.
Gerakan Nasional dapat dianggap sebagai aksi kelompok atau kegiatan kolektif untuk menghadapi kondisi kehidupan dengan merespons sesuai posisi kelompok. Situasi kolonial menciptakan tantangan bagi orang-orang jajahan yang memusatkan aktivitas kolektifnya untuk membela diri dan berusaha mengubah situasi ini. Hal ini berakibat pada kesadaran nasional, nasional serta keinginan nasional yang terekspresikan dengan berbagai cara.
Gerakan Nasional di Indonesia dapat dianggap sebagai generasi penerus dalam arti umum kata; Bukan hanya gerakan yang dibatasi pada bidang politik, tapi juga meluas ke bidang ekonomi, sosial dan budaya.
Ø  Aspek Ekonomi
Nasionalisme di negara-negara jajahan adalah reaksi melawan isme kolonial, yang berasal dari sistem eksploitasi yang selalu menimbulkan konflik kepentingan permanen. Penjajah telah menjalankan kekuatan ekonomi dan politik yang sebenarnya untuk melindungi kepentingan eko-nya, sehingga motif ekonomi menjadi dalam situasi kolonial sebagai faktor yang mendominasi dalam menentukan keadaan hubungan antara kelompok sosial.
Gerakan nasionalis seperti Sarekat Islam, merupakan manifestasi dari keinginan akan perdagangan. Meski predikat "perdagangan" ditinggalkan dari nama organisasi sebelumnya, namun yang paling utama adalah masih meninggikan kehidupan ekonomi masyarakat dengan mempromosikan perdagangan dan melindungi kepentingan materialnya. Dasar religius memperkuat tindakannya dan mempercepat penyebarannya; Di beberapa kota bahkan tujuan ekonomi pun muncul kedepan.
Ø  Aspek sosial
Ketegangan sosial membawa pembentukan kelompok sesuai stratifikasi dan diferensiasi baru. Dengan memperkenalkan sistem produksi dan teknologi modern, pendidikan Barat dan organisasi pemerintah, masyarakat kolonial dengan struktur semi feodal mengalami modernisasi dengan semua perubahan sosial yang patuh. Ini berakibat pada melemahnya wewenang dan prestise kelompok feodal, dan pengalihan kekuasaan ini ke kelompok intelektual sebagai yang baru; pembentukan kelompok baru sesuai dengan fokus sosial baru yang sedang berlangsung, terutama yang berkaitan dengan Gerakan Nasional.
Pembentukan Boedi Oetomo dapat dianggap sebagai fakta sosial baru, yaitu bahwa selain penguasa asli sebagai pemimpin tradisional dari orang-orang, pemimpin baru muncul yang melalui organisasinya mulai memperhatikan kesejahteraan rakyat dan memperjuangkan peningkatan standar kehidupan mereka. Pengaruh pendirian Boedi Oetomo terhadap penguasa pribumi, yang lama, negatif, menyebabkan, oleh karena itu, periode pertumbuhan organisasi ini yang panjang. Sebagai reaksi terhadap keinginan emansipasi di kalangan massa rakyat, penguasa ini membentuk ikatan mereka sendiri, Bond of Regents, yang melayani kepentingan mereka sendiri dengan cara yang khusus.
Boedi Oetomo diikuti oleh organisasi kemudian seperti Muhammadiyah dan Taman Siswa. Terutama yang terakhir ini dapat dianggap sebagai institusi dengan sistem pendidikan yang berfungsi dalam konteks Gerakan Nasional sebagai kelompok yang berjuang untuk masyarakat bebas. Ide kebebasan dan persatuan dijadikan prinsip panduan untuk pengajaran pedalaman, dengan demikian menyatakan bahwa pendidikan difungsikan sebagai sosialisasi nasionalisme. Pendirinya dengan adil menyatakan bahwa Pendidikan Nasional adalah cara yang tepat untuk bekerja secara produktif agar dapat mencapai kemerdekaan bagi masyarakat. Budaya asli berfungsi sebagai prinsip dasarnya.
Ø  Aspek Budaya
Gerakan budaya memperkuat kesadaran nasional dan membentuk pelengkap gerakan ekonomi yang bertujuan untuk menciptakan kehidupan ekonomi yang bebas bagi masyarakat. Gerakan nasional ingin membangun sebuah budaya baru sebagai dasar bagi kehidupan baru dengan mengambil alih unsur-unsur Barat. Renovasi ini dianggap sebagai sarana untuk mewujudkan aspirasi politik, karenanya dalam menghadapi Budaya Barat, kaum nasionalis menolak gagasan asimilasi dalam kerangka Belanda Raya.
Ø  Aspek Politik
Saat itu kekuatan politik diperlukan untuk memaksa pemerintah kolonial memperhatikan kesejahteraan rakyat. Aspirasi politik, meski belum secara eksplisit terbentuk, terbukti saat Boedi Oetomo didirikan. Dalam bahasa sederhana disebutkan bahwa organisasi ini ingin berpartisipasi dalam mengatur kehidupan masyarakat dan memperbaiki nasibnya. Sampai pemasangan Dewan Rakyat (Volksraad) peraturan kolonial tidak mengizinkan organisasi untuk melibatkan diri dalam usaha politik.Dengan berdirinya Volksraad, bagaimanapun, keinginan politik dapat disalurkan secara resmi ke pemerintah kolonial. Namun, pengalaman di dalam Volksraad menghasilkan keyakinan bahwa melalui "kerjasama" kepentingan masyarakat tidak dilindungi sehingga kelompok nasionalis menganggap jalannya kekuasaan rakyat sangat penting untuk mengambil alih kekuasaan politik. Perumusan tujuan politik juga semakin ditentukan. Perhimpunan Indonesia, sebuah organisasi mahasiswa Indonesia di Belanda, membuat analisis yang tepat mengenai hubungan kolonial dengan mengambil resolusi bahwa Gerakan Nasional harus diarahkan ke Indonesia yang pendiam sambil menolak kerja sama dengan penjajah.

Unsur-unsur Nasionalisme
            Gerakan Nasional dapat dilihat sebagai langkah sosial dimana totalitas organisasi nasionalis membentuk kelompok yang memiliki kesadaran akan solidaritas nasional, menyerang situasi konflik kolonial yang telah diciptakan oleh kelompok luar. Yang paling penting untuk pengembangan kesadaran nasional ini adalah unsur-unsur seperti penderitaan bersama, saat mengalami kolonialisme, dan aspirasi bersama, untuk menciptakan lingkungan yang bebas untuk hidup.
Konseptualisasi metodologis nasionalisme mungkin berasal dari sudut pandang nasionalisme sebagai fakta sosio-psikologis. Sebagai tindakan kelompok manusia, tiga aspek dapat dibedakan:
a.      Aspek kognitif mengacu pada pengetahuan tentang pengetahuan atau situasi; dalam kasus kami yang melibatkan pengetahuan tentang situasi kolonial di semua bagian pro-nya.
b.    Aspek tujuan atau nilai orientasi mengacu pada keadaan yang dianggap diinginkan oleh aktor yang bersangkutan; Dengan demikian, dalam kasus kami, mereka dianggap sebagai tujuan untuk mencapai cara hidup yang bebas dari kolonialisme.
c.  Aspek afektif mengacu pada situasi yang memiliki makna yang menyenangkan atau menyakitkan bagi para aktor. Berbagai jenis diskriminasi dalam masyarakat kolonial melahirkan aspek-aspek afektif ini.

 Historiografi penulis
         Metode kronologis tidak digunakan di sini karena terbatasnya cakupan makalah ini. Sebagai gantinya, hanya beberapa aspek yang harus dijelaskan. Selanjutnya  metode kronologis akan memberi gambaran historis agar dinamika Gerakan Nasional dapat dilihat secara jelas sebagai gerakan progresif. Lingkup makalah ini, bagaimanapun, tidak memungkinkan penerapan metode semacam itu; Oleh karena itu, analisis beberapa aspek dengan penggunaan beberapa konsep sebagai titik awal diskusi ini dimaksudkan semata-mata sebagai pengantar beberapa masalah sejarah Gerakan Nasional di Indonesia.
 Gerakan Nasional sebagai fenomena sejarah merupakan produk dari berbagai faktor seperti ekonomi, sosial, politik, dan budaya, dengan segala keterkaitannya, sehingga melibatkan kompleksitas dan multi dimensi. Penerapan pendekatan multidisiplin ini akan memungkinkan kita untuk menjelaskan berbagai aspek Gerakan Nasional. Oleh karena itu dapat dianggap sebagai gerakan ekonomi, sosial, politik, dan juga gerakan budaya.
Penulisan sejarah nasionalisme sebagai sejarah Gerakan Nasional biasanya memusatkan perhatian pada organisasi nasional yang merupakan bentuk tindakan kelompok yang dilembagakan yang diarahkan oleh komunitas kesadaran, sentimen, dan cita-cita.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Review Journal Sartono Kartodirdjo “Some Problems on the Genesis of Nationalism in Indonesia”"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel